Kisah Istri Tangguh Yang Menjadi Tulang Punggung Keluarga Saat Suami Sakit

“Terakhir, realistis aja, sesuai kemampuan diri jangan memaksakan untuk melakukan semuanya sendiri. Kalau butuh bantuan, jangan sungkan untuk meminta,” tutupnya.

Teks hadis ini adalah catatan yang merekam sejarah perempuan yang bekerja untuk memberi nafkah pada keluarganya pada masa Rasulullah SAW. Pada masa itu, perempuan yang bekerja di luar tanggungjawab domestik Daftar Slot Terpercaya adalah sebuah fakta. Jangan lupa untuk memastikan biaya yang dikeluarkan untuk masa depan ini tidak lebih dari 20% pendapatan. Jumlah tersebut sudah gabungan dari dana darurat, asuransi, dan investasi.

Akan tetapi anak-anak harus tetap diberi makan, biaya sekolah harus tetap dibayar, token listrik harus tetap diisi. Ini yang membuat istri terpaksa menanggung beban yang sebenarnya bukan kewajibannya. Sampai pada suatu ketika adik laki-laki Vira yang bekerja sebagai mitra pengemudi GrabCar mengajak Vira untuk mencoba menjadi mitra pengemudi GrabCar. “Saya kemudian berpikir, kenapa tidak dari nyetir ini untuk mencari nafkah. Selain itu, saya juga melihat adik saya menggantungkan hidupnya dari penghasilan nge-Grab. Akhirnya saya coba dan alhamdulillah bisa bergabung menjadi mitra.

Sedangkan untuk yang masih belum berkeluarga, dana darurat yang bisa disiapkan sebesar 3-6 kali pengeluaran. Tak hanya kebutuhan sehari-hari, mereka juga bekerja untuk memberikan kehidupan yang layak dan bahagia di masa depan untuk pasangan dan anak. Salah satu kunci kehidupan adalah bagaimana kita dapat menerima diri kita sendiri, jadi berhenti mengeluh dan memikirkan hal yang kita ngga punya, Karena itu ngga akan membuat kita kemana-mana.

Jadi di sela-sela waktu itu saya bisa mengantar suami terapi dan control,” ujarnya. Selain itu, saya juga melihat adik saya menggantungkan hidupnya dari penghasilan ngeGrab,” kisahnya. Namun ujian tersebut melatih kamu menjadi perempuan yang semakin dewasa, semakin mengerti makna hidup. Hidup ini memang tak mudah, namun jika tidak dihadapi dengan cara tangguh, ikhlas dan penuh cinta maka akan semakin susah. Merujuk pada UU No.4 Tahun 1997 bahwa perusahaan wajib memberikan 1% kuota bagi difabel bekerja.

Kepergian korban untuk selama-selamanya ini tak pelak mendatangkan duka mendalam bagi keluarganya. Bahkan sang ibu, Suparmi sempat berteriak histeris saat peti jenazah dibuka. Beberapa kerabat dekat pun terlihat larut dalam kesedihan mendalam. “Jadi korban selama ini menjadi tulang punggung keluarga. Bahkan dia termotivasi bekerja di Malaysia untuk membantu keluarga agar tidak miskin lagi,” ujar Kades Kandangsapi Jenar, Pandu. Sesuai namanya, Irshad menjelaskan bahwa dana darurat, berfungsi sebagai dana untuk kondisi darurat.

Menjadi tulang punggung bagi keluarga

Sebab selain bertugas mencari nafkah, Vira tetaplah seorang istri, ibu dan anak yang harus mengurus segala macam kebutuhan suami yang sedang sakit hingga keperluan anak dan ibunya. Suami yang sedang sakit, anak yang masih sekolah, dan ibu yang sudah renta membuat Vira harus terus berjuang demi mencukupi kebutuhan anggota keluarganya. “Sebelumnya saya hanya ibu rumah tangga biasa, tidak bekerja sama sekali. Tetapi sejak suami sakit saya terus berpikir, apa ya yang bisa menghasilkan uang dan bisa mencukupi kebutuhan keluarga? Tetapi dengan adanya tiga tanggungan, saya harus bisa mencari pekerjaan yang bisa menghidupi kami semua. Apalagi di usia saya saat ini tentu bukan hal mudah untuk mendapatkan pekerjaan,” jelasnya.

Dari kejadian itu, Sandara Park semakin giat mencari uang demi menghidupi keluarga. Uang hasil bekerja dikumpulkan untuk kebutuhan makan keluarga dan biaya sekolah anaknya. Saat ini ia juga tidak mencari nafkah sendiri untuk keluarga, “Saya sempat menjadi orangtua tunggal tapi sekarang sudah tidak setelah menikah dengan sesama diriver ojek online.” Pipit rela menjadi driver ojek on-line demi menghidupi keluarganya. Ia mengakui bahwa pekerjaannya bisa mencukupi kebutuhan keluarganya saat ini. Namun sekarang, di mana kesempatan terbuka untuk keduanya tidak menutup kemungkinan tanggung jawab nafkah menjadi tanggung jawab bersama.

Ayahnya, Saji sudah empat tahun menderita stroke sedang ibunya, Sri Utami menderita gangguan jiwa. Gangguan jiwa yang diderita Sri Utami inilah yang menyebabkan Joko adik Siti yang seharusnya sudah kelas three Madrasah Ibtidaiah tak mau melanjutkan sekolah. Setelah step pertama, yuk tambahkan faktor “Pendukung” dalam tabelmu untuk mencari apa saja faktor-faktor yang sekiranya dapat membantu penyelesaian masalah. Saking menikmatinya, Vira mengaku belum berpikiran untuk bekerja di bidang lain maupun membuka usaha sendiri. Apalagi di usia saya ini mainnya ardour dan saya juga sudah nyaman. Saya yakin Grab juga bisa membuat saya lebih baik lagi ke depannya,” ujarnya.

BukuWarung saat ini fokus pada peningkatan kemampuan pembayaran digital bagi UMKM di Indonesia, mengingat para pedagang yang menjadi mitra BukuWarung kini menjual produk mereka secara digital. BukuWarung saat ini sedang dalam tahap pertumbuhan yang tinggi, sehingga diperkirakan dapat memproses pembayaran dengan nilai lebih dari USD 10 miliar pada tahun 2022. Jasa Raharja sebagai Member of Indonesia Finansial Group mempunyai tugas dan fungsi memberikan Perlindungan Dasar dan penyerahan santunan bagi masyarakat yang mengalami musibah kecelakaan sesuai Undang – Undang Nomor 33 dan 34 Tahun 1964.